Meningkatnya Pengguna Internet di Indonesia

Meningkatnya Pengguna Internet di Indonesia

Teknologi dan informasi saat ini ternyata memang menuntut berbagai pihak agar tidak buta teknologi. Jumlah pengguna internet di Indonesia sepanjang tahun 2014 lalu diketahui naik sebesar enam persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Salah satu faktor meningkatnya pengguna internet di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu semakin murahnya perangkat komunikasi yang dapat mengakses internet dengan mudah yakni berupa smartphone Android.
smartphone, android, jaringan internet, tekhnologi


Faktanya pengakses internet di Indonesia sebesar enam persen tersebut dilaporkan melalui statistik yang dihimpun oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jas Internet Indonesia). Menurut data APJII tersebut pada tahun 2014 lalu pengguna internet di Indonesia meningkat menjadi 88.1 juta. Padahal di tahun 2013, angka yang dicetakkan adalah 71.2 juta. Dari data tersebut, bahwa peningkatan pengguna internet di Indonesia disebabkan oleh pengguna internet yang mengakses dari perangkat seluler atau smartphone. Karena saat ini banyak perangkat seluler ataupun smartphone yang memiliki harga sangat terjangkau untuk semua kalangan. Untuk saat ini yang sangat populer dan terjangkau adalah smartphone Android yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses internet.

Lebih lanjut lagi, diketahui dari statistik tersebut didapatkan bahwa pengguna internet melalui perangkat seluler di Indonesia naik menjadi 85 persen di tahun 2014 lalu. Padahal ditahun 2013 silam angka tersebut hanya berada pada kisaran 65 persen saja.


Kondisi tersebut harus diperhatikan oleh Pemerintah Indonesia, diharapkan memperhatikan pembangunan infrastruktur jaringan kabel. Jangan sampai pengguna internet di Indonesia hanya memanfaatkan jaringan internet yang tersedia di perangkat seluler yang mereka miliki. Meskipun saat ini jaringan akses data internet di berbagai perangkat seluler saat ini sudah mencapai kecepatan 4G LTE yang mampu meraih kecepatan download maksimal mencapai 300 Mbps dan kecepatan upload maksimal mencapai 50 Mbps. Namun belum semua daerah yang dapat menerima sinyal 4G LTE tersebut. Namun jaringan baru tersebut belum terlalu maksimal pada tahun awal.

Share this:

Enter your email address to get update from Gooztech.

Tidak ada komentar